Rabu, 20 Januari 2010

Proyek Malaria


Jangkauan Pelayanan YUM

di Kalteng

Desa Anak-anak merupakan bagian dari pelayanan Yayasan Usaha Mulia (YUM) yang berpusat di Jakarta Selatan. YUM juga telah membuka sentra pelayanan sosialnya di wilayah lain seperti halnya di Banda Aceh dan Kalimantan Tengah. Bahkan YUM telah menjadi pilot project untuk progam kesehatan di wilayah yang terakhir ini.

Akhir tahun 2007 lalu, YUM memulai proyek tiga tahun senilai 250,000 euro untuk memerangi infeksi malaria mematikan di Kalimantan Tengah. Berkat bantuan keuangan dari Pemerintah Jerman dan Susila Dharma Jerman, YUM bertujuan untuk menurunkan jumlah kematian yang disebabkan oleh malaria hingga 50% di enam desa.

Malaria tersebar luas dan hampir dua per tiga penduduk di desa tempat proyek dilaksanakan terinfeksi malaria tetap. Karena daerah ini juga merupakan daerah termiskin di Indonesia, akses ke pelayanan kesehatan sangat terbatas.

Proyek ini meliputi beberapa inisiatif yang didesain untuk meningkatkan cara mengidentifikasi dan merawat malaria di daerah tersebut. Termasuk di dalamnya adalah pendirian pos-pos malaria di setiap desa dengan sumberdaya yang memadai dan distribusi obat-obatan yang dengan sukses telah dicoba untuk merawat infeksi malaria.

Yang penting lagi, proyek ini juga meliputi berbagai aspek yang didesain untuk pencegahan infeksi malaria. Kampanye pendidikan besar-besaran dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana cara menekan resiko infeksi malaria dan melakukan usaha-usaha pencegahan lainnya, termasuk penyemprotan nyamuk di daerah-daerah yang terinfeksi dan pendistribusian kelambu tempat tidur anti nyamuk.

Proyek semacam ini adalah yang pertama di Kalimantan Tengah dan melibatkan pelatihan pencegahan yang meluas, identifikasi dan perawatan malaria kepada anggota masyarakat lokal, sehingga kegiatan ini dapat berlanjut segera setelah tahap tiga tahun pertama program ini selesai. Untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang proyek ini, YUM bekerja sama dengan organisasi-organisasi kesehatan dan pemerintah lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar